Ticker

6/recent/ticker-posts

Hikmah Buka Puasa

1. Dua kegembiraan bagi orang yg berpuasa. Rasululloh SAW bersabda,”Tersedia dua kegembiraan bagi orang yg berpuasa. Kegembiraan sewaktu berbuka dan kegembiraan sewaktu bertemu Rabbnya.”
2. Waktu berbuka. Buka puasa segera dilakukan bila bulatan matahari telah terbenam di ufuk barat.
3. Menyegerakan berbuka. Sunnah Rasululloh, beliau menyegerakan berbuka saat waktunya tiba. Beliau TIDAK MENUNDA hingga malam tiba. Hikmah menyegerakan berbuka:
a. Mendatangkan kebaikan.
b. Bukti komitmen kepada sunnah Rasululloh.
c. Salah satu kemenangan Islam.
d. Sebagai pembeda dg Yahudi dan Nasrani.
4. Berbukalah sebelum sholat Maghrib. Makan-minum seperlunya sebelum sholat Maghrib agar pikiran tidak memikirkan makanan pada saat sholat.
5. Berbuka seadanya dan jangan berlebih-lebihan.
6. Berbukalah dg kurma, jika tidak ada maka dengan seteguk air. Dari Anas bin Malik,”Rasululloh biasa berbuka dg beberapa buah ruthab (kurma yg masih basah), jika tidak ada maka dengan beberapa butir kurma, dan jika tidak ada maka beliau minum beberapa teguk air.”
7. Apa yg harus dilakukan pada saat berbuka? Rasululloh SAW berdoa seperti berikut,”Telah hilang dahaga, telah basah urat-urat dan telah diraih pahala yg telah ditentukan, insya ALLOH.”
8. Berdoa sesaat sebelum berbuka. Sesaat sebelum berbuka merupakan waktu yg utama untuk berdoa. “Tiga orang yg tidak tertolak doanya: Orang yg sedang berpuasa hingga buka, Imam (pemimpin) yg adil, dan doa orang yg terdzalimi.”

Post a Comment

0 Comments