SELAMAT DATANG KAFANOVA,kirimkan kritik saran demi kemajuan blog ini,,kirimkan tulisan terbaik anda ke sapujagad@gmail.com,,bisa berupa artikel,cerpen,dll
Home » » PERANGKAT PEMBELAJARAN

PERANGKAT PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : I/Ganjil
Pertemuan : 1,2,3,4,5
Alokasi Waktu : 10 Jam
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep materi dan perubahannya
Kompetensi Dasar : 1. Mengelompokkan sifat-sifat materi
2. Mengelompokkan perubahan materi
Indikator : 1. Sifat-sifat materi dibedakan menjadi sifat fisika dan sifat kimia
2. Perubahan materi dikelompokkan berdasarkan perubahan kimia dan perubahan fisika

I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat membedakan sifat kimia dan sifat fisika
b. Siswa dapt menjelaskan pengertian perubahan fisika
c. Siswa dapat menjelaskan pengertian perubahan kimia
d. Siswa dapat menjelaskan konsep reaksi kimia
e. Siswa dapat mengelompokkan perubahan materi berdasarkan data-data yang diperoleh dari percobaan
II. Materi Ajar :
a. Sifat kimia dan sifat fisika
b. Perubahan fisika
c. Perubahan kimia
d. Ciri-ciri reaksi kimia
III. Metode Pembelajaran :
a. Strategi mengajar adalah pembentukan kelompok
b. Diskusi
c. Tanya jawab
d. Mengadakan percobaan



IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal
§ Pembagian kelompok siswa menjadi 4 siswa per kelompok
§ Siswa diminta untuk mengamati benda-benda disekeliling
§ Guru memberikan pertanyaan focus mengenai benda-benda tersebut berdasarkan sifat-sifat kimia dan fisika. Siswa mendiskusikan
b. Kegiatan inti
§ Mengadakan percobaan dengan bimbingan guru
§ Siswa menuliskan hasil pengamatan dan membuat kesimpulan
§ Tanya jawab hasil percobaan
c. Kegiatan akhir
§ Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
§ Mencatat hal-hal yang penting
§ Memberikan tugas kepada siswa untuk mencari referensi yang relevan sebagai pengayaan
§ Evaluasi sebagai umpan balik
V. Alat/Bahan Sumber Belajar :
a. Alat dan bahan penunjang percobaan
b. Buku kimia kelas 1
c. Artikel dari berbagai media
VI. Penilaian :
a. Pengamatan
b. Tes lisan
c. Tes tertulis

Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : I/Ganjil
Pertemuan : 6,7,8,9,10
Alokasi Waktu : 10 Jam
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep materi dan perubahannya
Kompetensi Dasar : Mengklasifikasi materi
Indikator : Materi diklasifikasikan berdasarkan komposisinya

I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat memilih dengan cermat konsep materi yang tergolong unsur dan campuran
b. Siswa dapat menjelaskan materi homogen dan heterogen
c. Siswa dapat menjelaskan defenisi unsur, senyawa, dan campuran
d. Siswa dapat menjelaskan cara pemisahan campuran
e. Siswa dapat mengklarifikasikan materi yang tergolong unsur, senyawa, dan campuran
II. Materi Ajar :

Materi homogen, unsur, senyawa, dan larutan
Materi heterogen
Sifat-sifat unsur, senyawa, dan campuran
Pemisahan campuran

III. Metode Pembelajaran :
a. Mengadakan percobaan
b. Diskusi
c. Tanya jawab
d. Strategi pengajaran pembentukan kelompok
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal
§ Siswa diminta untuk mengamati benda-benda disekitar
§ Tanya jawab
§ Pembagian kelompok

b. Kegiatan inti
§ Siswa melakukan percobaan dengan bimbingan guru
§ Siswa menuliskan hasil pengamatan dan membuat kesimpulan
§ Tanya jawab hasil percobaan
§ Guru menjelaskan klasifikasi dengan menggunakan klasifikasi materi
§ Guru memberikan tugas untuk mencatat daftar unsur yang sering ditemui
§ Guru menjelaskan bermacam-macam unsur dan kelimpahannya diudara dan tanah
§ Guru menjelaskan hubungan unsur dan senyawa
§ Guru menjelaskan bahwa campuran masih memiliki zat usul
§ Guru menjelaskan pembentukan dan penguraian campuran dan perubahan fisika
c. Kegiatan akhir
§ Menyimpulkan hasil diskusi
§ Mencatat hal-hal yang penting
§ Memberikan tugas kepada siswa untuk menambah referensi dari sumber lain
§ Mengadakan evaluasi dan umpan balik
V. Alat/Bahan Sumber Belajar :
a. Alat dan bahan penunjang praktikum
b. Buku kimia jilid 1
c. Referensi dari media lainnya
VI. Penilaian :
a. Pengamatan
b. Tes tertulis
c. Tes lisan
Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : I/Ganjil
Pertemuan : 11,12,13,14,15, 16
Alokasi Waktu : 12 Jam
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep penulisan lambang unsur dan persamaan reaksi
Kompetensi Dasar : 1. Menuliskan lambang unsur
2. Menuliskan rumus kimia
3. Menyetarakan persamaan reaksi
Indikator : 1. Lambang unsur ditulis berdasarkan hasil konvensi IUPAC
2. Rumus kimia ditulis berdasarkan komposisi unsur yang menyusun senyawa
3. Lambang unsur, rumus kimia diinterprestasikan pada perhitungan persamaan reaksi dengan menggunakan hukum kekekalan massa
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menuliskan lambang unsur atau nama unsur
b. Siswa dapat menjelaskan nama-nama unsur
c. Siswa dapat menuliskan rumus molekul
d. Siswa dapat menjelaskan hukum perbandingan tetap
e. Siswa dapat menjelaskan komposisi senyawa
f. Siswa dapat menjelaskan pengertian rumus kimia
g. Siswa dapat menjelaskan rumus kimia dan rumus empiris
h. Siswa dapat memprediksi rumus kimia dari data komposisi unsur yang membentuk senyawa
i. Siswa dapat menjelaskan tentang teori atom Dalton, Hukum Kekekalan Massa dan menyetarakan persamaan reaksi
II. Materi Ajar :

Nama unsur d. Rumus molekul

b. Lambang unsur e. Rumus empiris
c. Rumus kimia f. Hukum kekekalan massa

III. Metode Pembelajaran :
a. Tanya jawab b. Diskusi C. Problem solving
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal
§ Pertanyaan untuk mengetahui pengetahuan awal siswa tentang lambang unsur
b. Kegiatan inti
§ Membandingkan pengetahuan awal siswa mengenai lambang unsur dengan konsep yang berlaku
§ Dijelaskan konsep penulisan lambang unsur sesuai dengan ketentuan IUPAC
§ Diberikan latihan penulisan lambang unsur untuk membuat daftar unsur yang penting
§ Dijelaskan konsep penulisan rumus kimia sesuai dengan ketentuan IUPAC
§ Dijelaskan perbedaan rumus empiris dan rumus molekul
§ Dijelaskan rumus kekekalan massa
§ Dijelaskan pengertian reaksi kimia
§ Dijelaskan penyetaraan reaksi kimia
§ Latihan menulis dan memberi senyawa kimia
§ Latihan menulis persamaan reaksi kimia
§ Latihan menyetarakan persamaan reaksi
c. Kegiatan akhir
§ Membuat kesimpulan
§ Evaluasi dan umpan balik
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a. Buku kimia kelas 1
b. Evaluasi dan umpan balik
c. Referensi dan berbagai artikel dari media lainnya
VI. Penilaian :
a. Tes tertulis
Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,


Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : I/Ganjil
Pertemuan : 17,18,19,20,21,22
Alokasi Waktu : 12 Jam
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi struktur atom dan sifat-sifat periodik dari tabel periodik unsur
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perkembangan teori atom
Indikator : 1. Perkembangan teori atom dijelaskan mulai dari : Teori Atom Dalton hingga Teori Atom Mekanika Kuantum
2. Teori yang satu dibandingkan dengan teori yang lain
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menjelaskan perkembangan teori atom
b. Siswa dapat menjelaskan teori atom Rutherford
c. Siswa dapat menjelaskan nomor atom dan nomor massa
d. Siswa dapat menjelaskan konfigurasi elektron
e. Siswa dapat menjelaskan elektron valensi
II. Materi Ajar :

Perkembangan teori atom

b. Teori atom Rutherford
c. Nomor atom dan nomor massa
d. Isotop
e. Siswa dapat menjelaskan konfigurasi electron
f. Siswa dapat menjelaskan elektron valensi
III. Metode Pembelajaran :
a. Studi kepustakaan
b. Tanya jawab
c. Ceramah
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal
§ Guru bertanya untuk mengetahui pengetahuan awal siswa mengenai atom
§ Siswa membaca dan mempelajari struktur atom
§ Tanya jawab
b. Kegiatan inti
§ Dijelaskan perkembangan teori atom
§ Dijelaskan teori atom Rutherford, Bohr
§ Dijelaskan mengenai nomor atom dan nomor massa
§ Dijelaskan mengenai isotop
§ Dijelaskan konfigurasi elektron
§ Dijelaskan elektron valensi
c. Kegiatan akhir
§ Merangkum
§ Diberi PR
§ Yanya jawab
§ Evaluasi dan umpan balik
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a. Gambar struktur atom
b. Buku kimia kelas 1
c. Referensi dari media lainnya
VI. Penilaian :
a. Tes lisan
b. Tes tertulis

Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : I/II/Genap
Pertemuan : 23, 24, 25, 26, 27, 28
Alokasi Waktu : 12 Jam
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi struktur atom dan sifat-sifat periodik dari tabel periodik unsur
Kompetensi Dasar : Menginterprestasikan data-data yang terdapat dalam tabel sistem periodik
Indikator : 1. Sejarah perkembangan sitem periodik dikenal melalui studi kepustakaan
2. Jumlah proton dan nutron suatu unsur ditentukan berdasarkan nomor atom dan nomor massanya
3. Golongan dan periode suatu unsur ditentukan berdasarkan nomor atom dan nomor massanya
4. Golongan dan periode suatu unsur ditentukan berdasarkan konfigurasi electron
5. Sifat-sifat periodik unsur ditentukan sesuai tabel periodik unsur
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat dengan cermat menunjukkan letak unsur-unsur dalam tabel sistem periodik
b. Siswa dapat menjelaskan perkembangan penggolongan unsur
c. Siswa dapat mengenal tabel periodic unsur
d. Siswa dapat menentukan nomor massa, nomor atom, jumlah elektron, proton, dan neutron
e. Siswa dapat menjelaskan konfigurasi elektron
f. Siswa dapat menentukan golongan dan periode
g. Siswa dapat menjelaskan sifat-sifat periodik unsur
II. Materi Ajar :

Teori Duplet dan Oktet

b. Pembentukan ion positif dan negatif
III. Metode Pembelajaran :
a. Tanya jawab
b. Problem solving
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal
§ Siswa membuat struktur atom gas mulia
§ Tanya jawab konsep kestabilan
b. Kegiatan inti
§ Dijelaskan konsep kestabilan gas mulia
§ Dijelaskan mekanisme terbentuknya ion positif dan ion negatif
§ Dijelaskan mekanisme terbentuknya ikatan ion
§ Latihan menuliskan mekanisme pembentukan ikatan ion
c. Kegiatan akhir
§ Mengambil kesimpulan
§ Diberikan PR dan dilaporkan
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a. Buku kimia kelas 1
b. Referensi dari media lainnya
VI. Penilaian :
a. Tes lisan
b. Kuis
c. Tes tertulis

Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : I/Genap (II)
Pertemuan : 29
Alokasi Waktu : 2 Jam
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan terjadinya ikatan kimia
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan terjadinya ikatan kovalen
Indikator : 1. Terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua dan rangkap tiga dibandingkan berdasarkan jumlah pasangan elektron yang digunakan berikatan
2. Kepolaran ikatan kovalen dijelaskan sesuai dengan keelektronegatifan
3. Terbentuknya ikatan kovalen koordinasi dijelaskan berdasarkan contoh senyawa sederhana
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menjelaskan struktur Lewis
b. Siswa dapat menjelaskan pengertian ikatan kovalen
c. Siswa dapat mengenal tabel periodik unsur
d. Siswa dapat menjelaskan keeletronegatifan
e. Siswa dapat menghubungkan berbagai jenis senyawa dengan ikatan kovalen
II. Materi Ajar :

Struktur Lewia

b. Ikatan kovalen tunggal, rangkap dua dan rangkap tiga
c. Ikatan kovalen polar dan ion polar
d. Ikatan kovalen koordinasi
III. Metode Pembelajaran :
a. Tanya jawab
b. Peragaan
c. Diskusi


IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal
§ Demonstrasi ikatan kovalen
§ Tanya jawab
b. Kegiatan inti
§ Dijelaskan struktur elektron lewis
§ Dijelaskan mekanisme terbentuknya ikatan kovalen
§ Dijelaskan ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga
§ Dijelaskan senyawa polar dan non polar
§ Dijelaskan ikatan kovalen koordinasi
§ Latihan dan tanya jawab
c. Kegiatan akhir
§ Menyimpulkan hasil belajar mengajar
§ Mencatat hal-hal yang penting
§ Evaluasi dan umpan balik
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a. Buku kimia kelas 1
VI. Penilaian :
a. Tes lisan
b. Tes tertulis

Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : I/Genap (II)
Pertemuan : 30
Alokasi Waktu : 2 Jam
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan terjadinya ikatan kimia
Kompetensi Dasar : Menjelaskan ikatan logam
Indikator : 1. Pembentukan ikatan logam dijelaskan sesuai dengan ketentuan
2. Sifat dan struktur kristal bahan diklasifikasikan dalam kelompok logam
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menjelaskan pengertian ikatan logam
b. Siswa dapat menjelaskan pengertian sifat logam
c. Siswa dapat menjelaskan struktur kristal logam
d. Siswa dapat menjelaskan keeletronegatifan
e. Siswa dapat menentukan kelompok dan sifat logam berdasarkan struktur kristal logam
II. Materi Ajar :

Sifat logam

b. Ikatan logam dan struktur kristal logam BCC, FCC, HCP
III. Metode Pembelajaran :
a. Tanya jawab
b. Demostrasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal
§ Menyaksikan cuplikan tayangan VCD
b. Kegiatan inti
§ Dijelaskan pengertian ikatan logam
§ Tanya jawab sifat-sifat logam
§ Dijelaskan struktur kristal logam


c. Kegiatan akhir
§ Membuat kesimpulan
§ Evaluasi dan umpan balik
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a. Kaset VCD
b. Buku Kimia Kelas 1
VI. Penilaian :
a. Tes lisan
b. Tes tertulis

Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : I/Genap (II)
Pertemuan : 31, 32
Alokasi Waktu : 4 Jam
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan terjadinya ikatan kimia
Kompetensi Dasar : Menuliskan nama senyawa kimia
Indikator : Nama senyawa kimia dituliskan sesuai dengan tata nama yang diberikan
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menuliskan nama dari berbagai senyawa
b. Siswa dapat menjelaskan tata nama senyawa
II. Materi Ajar :
a. Tata nama senyawa kimia
III. Metode Pembelajaran :
a. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal :
§ Siswa diminta untuk menuliskan nama-nama senyawa yang sudah diketahui
b. Kegiatan inti
§ Dijelaskan tata nama menurut konvensi IUPAC
§ Latihan menuliskan nama senyawa yang sering ditemui
§ Dijelaskan struktur kristal logam
c. Kegiatan akhir
§ Membuat kesimpulan
§ Evaluasi dan umpan balik
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a. Buku Kimia Kelas 1



VI. Penilaian :
b. Tes lisan
c. Tes tertulis
Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : I/Genap (II)
Pertemuan : 33, 34, 35, 36, 37
Alokasi Waktu : 10 Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan perkembangan konsep reakasi reduksi dan oksidasi
Kompetensi Dasar : Membedakan konsep oksidasi-reduksi
Indikator : 1. Konsep oksidasi dan reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi
2. Bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion ditentukan sesuai ketentuan
3. Oksidator dan reduktor ditentukan dalam reaksi redoks
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menjelaskan pengertian bilangan oksidasi
b. Siswa dapat menjelaskan ketentuan-ketentuan biloks unsur molekul dan ion
c. Siswa dapat menentukan biloks dari suatu senyawa atau ion
d. Siswa dapat menjelaskan konsep reduksi dan oksidasi
e. Siswa dapat menjelaskan penjelasan reduktor dan oksidator
f. Siswa dapat menjelaskan tentang reaksi pembakaran
II. Materi Ajar :

Bilangan oksidasi c. Konsep reaksi reduksi dan oksidasi
Penentuan bilangan oksidasi d. Reduktor dan oksidator

III. Metode Pembelajaran :
a. Diskusi
b. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal :
§ Siswa membaca dan mempelajari referensi mengenai redoks
§ Tanya jawab mengenai peristiwa redoks yang ada disekeliling kita
§ Melakukan pembagian kelompok sebagai strategi mengajar
b. Kegiatan inti
§ Siswa melakukan percobaan dengan bimbingan guru
§ Siswa menuliskan hasil pengamatan dan membuat kesimpulan
§ Tanya jawab hasil percobaan
§ Dijelaskan mengenai bilangan oksidasi
§ Dijelaskan konsep redoks dari peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi
§ Dijelaskan pengertian oksidator dan reduktor
c. Kegiatan akhir
§ Menyimpulkan hasil diskusi
§ Mencatat hal-hal yang penting
§ Memberi tugas pada siswa untuk menambah referensi dari sumber lainnya
§ Mengadakan evaluasi dan umpan balik
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a. Alat bahan yang menunjang percobaan
b. Buku Kimia Jilid 1
VI. Penilaian :
a. Pengamatan
b. Laporan hasil praktik
c. Tes lisan
d. Tes tertulis
Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMK.N. I. Pantai Baru
Mata Diklat : Kimia
Kelas/Semester : XI / I
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Pertemuan : 1
Standar Kompetensi : 1.1. Memahami perkembangan konsep reaksi kimia
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan pengertian umum reaksi kimia
Indikator : 1. Menjelaskan pengertian persamaan reaksi kimia sebagai suatu proses perubahan satu atau lebih zat yang berbeda
2. Mendeskripsikan pengelompokkan reaksi kimia menjadi reaksi asam, basa, dan reaksi oksidasi
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menjelaskan pengertian persamaan reaksi kimia
b. Siswa dapat mendeskripsikan pengelompokkan reaksi kimia
c. Siswa dapat menjelaskan tentang reaksi asam-basa
d. Siswa dapat menjelaskan tentang reaksi reduksi-oksidasi
II. Materi Ajar :
a. Reaksi kimia
III. Metode Pembelajaran :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Pemberian tugas
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal :
§ Motivasi
§ Prasyarat pengetahuan
b. Kegiatan inti
§ Guru menjelaskan pengertian persamaan reaksi kimia


c. Kegiatan akhir
§ Guru membuat kesimpulan
§ Guru memberikan tanya jawab kepada siswa
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a. Buku Kimia SMA/SMK
b. Buku pintar kimia untuk SMA Kelas 1,2,3
VI. Penilaian :
a. Jenis tagihan (tes lisan)
Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMK.N. I. Pantai Baru
Mata Diklat : Kimia
Kelas/Semester : XI / I
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Pertemuan : 2
Standar Kompetensi : 1.2. Memahami perkembangan konsep reaksi kimia
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan pengertian umum reaksi kimia
Indikator : Mendeskripsikan ciri-ciri reaksi yang dicirikan sebagai proses perpindahan elektron
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat mendeskripsikan reaksi asam-basa
b. Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri dari reaksi reduksi-oksidasi
II. Materi Ajar :
a. Reaksi kimia
III. Metode Pembelajaran :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal :
§ Motivasi
§ Prasyarat pengetahuan
b. Kegiatan inti
§ Guru menjelaskan ciri-ciri reaksi yang dicirikan
§ Guru menjelaskan ciri-ciri reaksi kimia
c. Kegiatan akhir
§ Tanya jawab
§ Guru dan siswa membuat kesimpulan


V. Sumber Belajar :
a. Buku kimia
b. Buku kimia yang relevan
VI. Penilaian :
a. Jenis tagihan (tes tertulis)
1. Sebutkan sifat-sifat dari :
a. Asam
b. Basa
2. Jelaskan ciri-ciri reaksi asam-basa yang dicirikan sebagai proses perpindahan proton
3. Jelaskan ciri-ciri reaksi reduksi-oksidasi

Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMK.N. I. Pantai Baru
Mata Diklat : Kimia
Kelas/Semester : XI / I
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Pertemuan : 3
Standar Kompetensi : Memahami konsep reaksi kimia
Kompetensi Dasar : Memahami konsep oksidasi, reduksi, dan reaksi kimia lainnya
Indikator : 1. Menjelaskan pengertian bilangan oksidasi dengan benar
2. Mendeskripsikan pengertian konsep oksidasi dan reduksi sebagai penggabungan dan pelepasan oksigen atau pelepasan dan penerimaan oksigen atau peningkatan dan penurunan biloks
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menjelaskan pengertian biloks
b. Siswa dapat menentukan biloks atom unsur dalam senyawa atau ion
c. Siswa dapat menjelaskan pengertian konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi
II. Materi Pembelajaran :
a. Reduksi-Oksidasi
III. Metode Pembelajaran :
a. Diskusi
b. Pemberian informasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal :
§ Motivasi
Mengapa logam-logam yang dibiarkan diudara mudah berkarat?
§ Prasyarat pengetahuan
Jelaskan apa yang dimaksud dengan reaksi oksidasi-oksidasi sebagai perpindahan electron

b. Kegiatan inti
§ Guru menjelaskan tentang konsep reduksi-oksidasi yang ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi
§ Guru menjelaskan ciri-ciri reaksi kimia, reaksi reduksi-oksidasi yang dicirikan sebagai perpindahan electron
§ Diskusi
- Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
- Siswa menjelaskan soal yang diberikan guru dalam kelompok masing-masing
c. Kegiatan penutup
§ Siswa mempresentasikan kegiatan diskusi didepan kelas
§ Guru dan siswa membuat kesimpulan
V. Sumber Belajar :
a. Buku kimia untuk SMA
VI. Penilaian :
a. Jenis tagihan (tes tertulis)
Mengerjakan soal-soal
b. Penilaian

Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMK.N. I. Pantai Baru
Mata Diklat : Kimia
Kelas/Semester : XI / I
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Pertemuan : 4
Standar Kompetensi : Memahami perkembangan konsep reaksi kimia
Kompetensi Dasar : 1.2. Membedakan konsep oksidasi, reduksi, dan reaksi kimia lainnya
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian oksidator sebagai senyawa yang mengalami penurunan bilangan oksidasi atau mengalami reduksi
2. Mendeskripsikan pengertian reduktor sebagai senyawa yang mengalami kenaikan bilangan oksidasi
3. Melakukan penyetaraan-penyetaraan reaksi reduksi oksidasi dengan pelepasan dan penerimaan elektron atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menjelaskan pengertian oksidator sebagai senyawa yang mengalami penurunan bilangan oksidasi atau mengalami reduksi
b. Siswa dapat menjelaskan pengertian reduktor sebagai senyawa yang mengalami kenaikan bilangan oksidasi atau mengalami oksidasi
c. Siswa dapat menyetaraan reaksi reduksi oksidasi dengan pelepasan dan penerimaan elektron atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi
II. Materi Pembelajaran :
a. Reduksi-Oksidasi
III. Metode Pembelajaran :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal :
§ Motivasi
§ Prasyarat pengetahuan
b. Kegiatan inti
§ Guru menjelaskan pengertian oksidator
§ Guru menjelaskan pengertian reduktor
§ Guru melakukan penyetaraan reaksi reduksi-oksidasi
c. Kegiatan penutup
§ Guru memberikan tanya jawab mengenai materi yang diberikan
§ Guru memberikan rangkuman
V. Sumber Belajar :
a. Buku kimia untuk SMA
VI. Penilaian :
a. Tes lisan
b. Tindak lanjut

Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMK.N. I. Pantai Baru
Mata Diklat : Kimia
Kelas/Semester : XI / I
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Pertemuan : 5
Standar Kompetensi : Memahami konsep larutan elektrolit dan non elektrolit
Kompetensi Dasar : Membedakan larutan elektrolit dan non elektrolit
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian larutan sebagai campuran dari dua atau lebih zat yang homogen
2. Mendeskripsikan pengertian larutan biner sebgai larutan yang hanya terdiri atas zat terlarut dan pelarut
3. Perbedaan larutat elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat larutan listrik
4. Menyimpulkan ciri-ciri hantaran listrik dalam berbagai larutan
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menjelaskan pengertian larutan sebagai campuran dari dua atau lebih zat yang homogen
b. Siswa dapat menjelaskan pengertian larutan biner sebgai larutan yang hanya terdiri atas zat terlarut dan pelarut
c. Siswa dapat menjelaskan perbedaan larutat elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
d. Siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri hantaran listrik dalam berbagai larutan
II. Materi Pembelajaran :
a. Larutan elektrolit dan non elektrolit
III. Metode Pembelajaran :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal :
§ Motivasi
§ Prasyarat pengetahuan
b. Kegiatan inti
§ Guru menjelaskan pengertian oksidator sebagai senyawa yang mengalami penurunan bilangan oksidasi atau mengalami reduksi
§ Guru menjelaskan pengertian reduktor sebagai senyawa yang mengalami biloks
§ Guru melakukan penyetaraan reaksi reduksi-oksidasi
§ Guru melakukan penyetaraan reaksi reduksi-oksidasi dengan peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi
c. Kegiatan penutup
§ Tanya jawab
§ Guru memberikan rangkuman
V. Sumber Belajar :
a. Buku kimia untuk SMA
VI. Penilaian :
a. Tes lisan
b. Tes tertulis

Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMK.N. I. Pantai Baru
Mata Diklat : Kimia
Kelas/Semester : XI / I
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Pertemuan : 6
Standar Kompetensi : 1.2. Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan berbagai larutan
Indikator : 1. Mendeskripsikan kemampuan larutan menghantarkan arus listrik berdasarkan banyaknya ion yang terbentuk dalam larutan
2. Mendeskripsikan penyebab adanya ion-ion dalam larutan akibat ikatan ion atau kovalen polar
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menjelaskan kemampuan larutan menghantarkan arus listrik berdasarkan banyaknya ion yang terbentuk dalam larutan
b. Siswa dapat menjelaskan penyebab adanya ion-ion dalam larutan akibat ikatan ion atau kovalen polar
II. Materi Pembelajaran :
a. Larutan elektrolit dan non elektrolit
III. Metode Pembelajaran :
a. Pemberian informasi
b.Tanya jawab
c. Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal :
§ Motivasi
§ Prasyarat pengetahuan
§ Jelaskan pengertian dari : larutan elektrolit dan non elektrolit
b. Kegiatan inti
§ Guru menjelaskan kemampuan larutan menghantarkan arus listrik berdasarkan banyaknya ion dalam larutan
§ Guru menjelaskan penyebab adanya ion-ion dalam larutan akibat ikatan ion atau kovalen polar
c. Kegiatan penutup
§ Guru memberikan tanya jawab untuk mengetahui pencapaian kompetensi pembelajaran
§ Guru memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
V. Sumber Belajar :
a. Buku kimia SMA Kelas XI
b. Buku kimia SMK Kelas XI
VI. Penilaian :
a. Jenis tagihan (Tugas)
b. Tes tertulis

Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,




Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMK.N. I. Pantai Baru
Mata Diklat : Kimia
Kelas/Semester : XI / I
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Pertemuan : 7
Standar Kompetensi : Memahami konsep larutan elektrolit dan non elektrolit
Kompetensi Dasar : 1.3. Menggunakan satuan konsentrasi dalam membuat larutan
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian konsentrasi sebagai daya larutan atau kemampuan melarut suatu zat dalam suatu pelarut
2. Menjelaskan pengertian larutan jenuh dan tak jenuh
I. Materi Pembelajaran :
a. Konsentrasi dan satuan konsentrasi
II. Metode Pembelajaran :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
III. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal :
§ Motivasi
§ Prasyarat pengetahuan
b. Kegiatan inti
§ Guru menjelaskan pengertian konsentrasi sebagai daya larutan atau kemampuan melarut suatu zat dalam suatu pelarut
§ Guru menjelaskan pengertian larutan jenuh dan tak jenuh
c. Kegiatan penutup
§ Guru dan siswa membuat kesimpulan atau rangkuman
§ Guru memberikan tanya jawab untuk mengetahui pencapaian kompetensi pembelajaran
IV. Sumber Belajar :
a. Buku kimia untuk SMA Kelas XI

V. Penilaian :
a. Ter lisan
b. Tes tertulis

Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,




Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMK.N. I. Pantai Baru
Mata Diklat : Kimia
Kelas/Semester : XI / I
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Pertemuan : 8
Standar Kompetensi : Memahami konsep larutan elektrolit dan non elektrolit
Kompetensi Dasar : 1.4. Menggunakan satuan konsentrasi dalam membuat larutan
Indikator : Mendeskripsikan satuan konsentrasi larutan sebagai perbandingan jumlah mol massa atau volume zat terlarut terhadap jumlah zat atau volume larutan yang dinyatakan dalam jumlah persen
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menjelaskan pengertian konsentrasi sebagai daya larutan atau kemampuan melarut suatu zat dalam pelarut
b. Siswa dapat menjelaskan pengertian larutan tidak jenuh
c. Siswa dapat menghitung satuan konsentrasi larutan sebagai perbandingan
- Jumlah massa terhadap jumlah massa (%/mm)
- Jumlah volume zat terlarut terhadap volume larutan (%/mm)
- Ppm
- Molalitas (M)
- Molaritas (M)
- Fraksi Mol (M)
II. Materi Pembelajaran :
a. Konsentrasi dan Satuan Konsentrasi
III. Metode Pembelajaran :
a. Pemberian informasi
b. Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal :
§ Motivasi
§ Prasyarat pengetahuan
b. Kegiatan inti
§ Guru menjelaskan materi yang akan didiskusikan
§ Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok
c. Kegiatan penutup
§ Siswa mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
§ Guru membuat kesimpulan
V. Sumber Belajar :
a. Buku kimia untuk SMA
VI. Penilaian :
a. Tes tertulis
b. Penilaian proses
c. Pemberian tugas rumah

Mengetahui

Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,




Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMK.N. I. Pantai Baru
Mata Diklat : Kimia
Kelas/Semester : XI / II
Alokasi Waktu : 18 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mengkomunikasikan senyawa hidrokarbon dan kegunaannya
Kompetensi Dasar : 1. Mendeskripsikan kekhasan atom C karbon yang membentuk senyawa hidrokarbon
2. Menggolongkan senyawa hidrokarbon dan golongannya
3. Mendeskripsikan kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan manusia
Indikator : 1. Siswa dapat mendeskripsikan kekhasan atom kabon
2. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian senyawa (organik, karbon, hidrokarbon)
3. Siswa dapat mengklasifikasi senyawa hidrokabon alifatik
4. Siswa dapat mendeskripsikan minyak bumi sebagai sumber senyawa hidrokarbon dan menjelaskan pengertian minyak bumi
5. Siswa dapat menyebutkan kandungan utama minyak bumi
6. Siswa dapat menyelusuri kegunaan minyak bumi melalui pengkajian pustaka
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat mendeskripsikan kekhasan atom karbon dan menggolongkan senyawa hidrokarbon serta menyebutkan kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan
II. Materi Ajar :
a. Kekhasan atom karbon dan senyawa hidrokarbon
b. Senyawa hidrokarbon dan turunannya
c. Minyak bumi dan kegunaannya
III. Metode Pembelajaran :
a. Ceramah
b. Menggali informasi
c. Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
A. Pertemuan Pertama :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Salam dan mengecek kesiapan siswa
b. Memotivasi siswa
c. Melakukan apresepsi
d. Penyampaian topik/tujuan dan manfaat pembelajaran
2. Kegiatan inti
a. Menjelaskan kekhasan atom karbon, senyawa organik, senyawa karbon serta hidrokarbon
b. Diskusi dan informasi
3. Kegiatan akhir
a. Membuat kesimpulan/rangkuman
b. Evaluasi
c. Tugas
d. Penyampaian topik untuk pertemuan berikutnya
B. Pertemuan Kedua :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Salam dan mengecek kesiapan siswa
b. Memotivasi siswa
c. Melakukan apresepsi
d. Penyampaian topik/tujuan dan manfaat pembelajaran
2. Kegiatan inti
a. Menjelaskan senyawa hidrokarbon alifatik dan aromatik
b. Pengelompokkan senyawa hidrokarbon alifatik
c. Diskusi dan informasi
3. Kegiatan akhir
a. Membuat kesimpulan c. Tugas
b. Evaluasi d. Penyampaian topik untuk pertemuan berikutnya
C. Pertemuan Ketiga :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Salam dan mengecek kesiapan siswa
b. Memotivasi siswa
c. Melakukan apresepsi
d. Penyampaian topik/tujuan dan manfaat pembelajaran
2. Kegiatan inti
a. Menjelaskan senyawa hidrokarbon alifatik dan aromatik
b. Pengelompokkan senyawa hidrokarbon alifatik
c. Diskusi dan informasi
3. Kegiatan akhir
a. Membuat kesimpulan/rangkuman
b. Evaluasi
c. Tugas
d. Penyampaian topik untuk pertemuan berikutnya
D. Pertemuan Keempat :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Salam dan mengecek kesiapan siswa
b. Memotivasi siswa
c. Melakukan apresepsi
d. Penyampaian topik/tujuan dan manfaat pembelajaran
2. Kegiatan inti
a. Menjelaskan kegunaan minyak bumi dalam kehidupan
b. Menjelaskan proses pembentukan minyak bumi
c. Diskusi dan informasi
3. Kegiatan akhir
a. Membuat kesimpulan c. Tugas
b. Evaluasi d. Menyampaikan topik untuk pertemun berikutnya
E. Pertemuan Kelima :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Salam dan mengecek kesiapan siswa
b. Memotivasi siswa
c. Melakukan apresepsi
d. Penyampaian topik/tujuan dan manfaat pembelajaran
2. Kegiatan inti
a. Menjelaskan kandungan minyak bumi
b. Menjelaskan pemisahan minyak bumi
c. Diskusi dan informasi

3. Kegiatan akhir
a. Membuat kesimpulan/rangkuman
b. Evaluasi
c. Tugas
d. Penyampaian topik untuk pertemuan berikutnya
F. Pertemuan Keenam :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Salam dan mengecek kesiapan siswa
b. Memotivasi siswa
c. Melakukan apresepsi
d. Penyampaian topik/tujuan dan manfaat pembelajaran
2. Kegiatan inti
a. Menyelusuri kegunaan minyak bumi melalui pengkajian pustaka
b. Membuat laporan hasil kajian
c. Presentasi laporan
3. Kegiatan akhir
a. Membuat kesimpulan/rangkuman
b. Evaluasi
c. Penyampaian topik untuk pertemuan berikutnya
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a. Buku persiapan pelajaran
b. Buku kimia SMA/SMK
VI. Penilaian :
a. Teknik : Penilaian tertulis
b. Bentuk instrumen : Pilihan ganda dan uraian
c. Contoh instrumen : Terlampir pada buku soal

Mengetahui
Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMK.N. I. Pantai Baru
Mata Diklat : Kimia
Kelas/Semester : XI / II
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mengkomunikasikan senyawa hidrokarbon dan kegunaannya
Kompetensi Dasar : 1. Menentukan laju reaksi dan orde reaksi
2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Indikator : 1. Siswa dapat mendeskripsikan definisi laju reaksi dan pengertian tetapan laju reaksi
2. Siswa dapat mendeskripsikan hukum laju reaksi
3. Siswa dapat menentukan laju dan tetapan orde reaksi
4. Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
5. Siswa dapat menjelaskan pengaruh berbagai faktor terhadap laju reaksi
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menentukan laju reaksi dan orde reaksi
b. Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
II. Materi Ajar :
a. Laju Reaksi
b. Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
III. Metode Pembelajaran :
a. Ceramah
b. Diskusi informasi
c. Unjuk kerja
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
A. Pertemuan Pertama :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Salam dan mengecek kesiapan siswa
b. Memotivasi siswa
c. Melakukan apresepsi
d. Penyampaian topik/tujuan dan manfaat pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Menjelaskan definisi laju reaksi
b. Menjelaskan pengertian tetapan laju reaksi
c. Diskusi
3. Kegiatan Akhir
e. Membuat kesimpulan/rangkuman
f. Evaluasi
g. Tugas
h. Penyampaian topik untuk pertemuan berikutnya
B. Pertemuan Kedua :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Salam dan mengecek kesiapan siswa
b. Memotivasi siswa
c. Melakukan apresepsi
d. Penyampaian topik/tujuan dan manfaat pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Menjelaskan hukum laju reaksi
b. Menjelaskan cara penentuan orde dan tetapan laju reaksi
c. Latihan soal (Unjuk Kerja)
d. Diskusi
3. Kegiatan Akhir
a. Membuat kesimpulan c. Tugas
b. Evaluasi d. Penyampaian topik untuk pertemuan berikutnya
C. Pertemuan Ketiga :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Salam dan mengecek kesiapan siswa
b. Memotivasi siswa
c. Melakukan apresepsi
d. Penyampaian topik/tujuan dan manfaat pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan pengaruh berbagai faktor lainnya
b. Diskusi
3. Kegiatan Akhir
a. Membuat kesimpulan/rangkuman
b. Evaluasi
c. Tugas
d. Penyampaian topik untuk pertemuan berikutnya
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a. Buku persiapan pelajaran
b. Buku kimia SMA/SMK
c. Buku penunjang lainnya
VI. Penilaian :
a. Teknik : Penilaian tertulis
b. Bentuk instrumen : Pilihan ganda dan uraian
c. Contoh instrumen : Soal-Soal (Terlampir)

Mengetahui
Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMK.N. I. Pantai Baru
Mata Diklat : Kimia
Kelas/Semester : XI / II
Alokasi Waktu : 12 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menjelaskan sistem klasifikasi dan kegunaan polimer
Kompetensi Dasar : 1. Menjelaskan kegunaan polimer
2. Mengklasifikasi polimer
Indikator : 1. Siswa dapat mendefinisikan polimer sebagai struktur yang panjang dan rumit
2. Siswa dapat mengidentifikasi kegunaan polimer
3. Siswa dapat mendeskripsikan pengelompokkan polimer
4. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian polimer termoset dan termoplas
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menjelaskan klasifikasi dan kegunaan polimer
II. Materi Ajar :
a. Polimer dan kegunaannya
b. Klasifikasi polimer
III. Metode Pembelajaran :
a. Ceramah
b. Diskusi dan Informasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
A. Pertemuan Pertama :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Salam dan mengecek kesiapan siswa
b. Memotivasi siswa
c. Melakukan apresepsi
d. Penyampaian topik/tujuan dan manfaat pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Menjelaskan polimer dan kegunaannya sehari-hari dilingkungan
b. Diskusi contoh-contoh polimer yang ditemukan di alam
3. Kegiatan Akhir
a. Membuat kesimpulan
b. Evaluasi
c. Tugas
d. Penyampaian topik untuk pertemuan berikutnya
B. Pertemuan Kedua :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Salam dan mengecek kesiapan siswa
b. Memotivasi siswa
c. Melakukan apresepsi
d. Penyampaian topik/tujuan dan manfaat pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Menjelaskan pengelompokkan polimer berdasarkan pembentuknya
b. Menjelaskan pengelompokkan polimer berdasarkan senyawa pembentuknya
c. Diskusi
3. Kegiatan Akhir
c. Membuat kesimpulan c. Tugas
d. Evaluasi d. Penyampaian topik untuk pertemuan berikutnya
C. Pertemuan Ketiga :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Salam dan mengecek kesiapan siswa
b. Memotivasi siswa
c. Melakukan apresepsi
d. Penyampaian topik/tujuan dan manfaat pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Menjelaskan pengelompokkan polimer berdasarkan bahan penyusunnya, ketahanan terhadap panas, struktur, fungsi, dan penguraiannya
b. Diskusi
3. Kegiatan Akhir
a. Membuat kesimpulan
b. Evaluasi
c. Tugas
d. Penyampaian topik untuk pertemuan berikutnya
D. Pertemuan Keempat :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Salam dan mengecek kesiapan siswa
b. Memotivasi siswa
c. Melakukan apresepsi
d. Penyampaian topik/tujuan dan manfaat pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Menjelaskan polimer termoset dan termoplas
b. Diskusi
3. Kegiatan Akhir
a. Membuat kesimpulan c. Evaluasi
b. Tugas d. Penyampaian topik untuk pertemuan berikutnya
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a. Buku persiapan pelajaran
b. Buku kimia SMA/SMK
VI. Penilaian :
a. Teknik : Penilaian tertulis
b. Bentuk instrumen : Pilihan ganda dan uraian
c. Contoh instrumen : Soal-Soal (Terlampir)

Mengetahui
Kepala Sekolah SMK.N. I, Guru Bidang Studi,



Drs. Bennay Forah Dina Tupitu, S.Pd.
NIP 19680121 1994031 1 105 NIP 19840414 200904 2 007
Share this article :

0 comments :

Post a Comment

OPINI

LIHAT YANG LAIN YUKK... »
KAFANOVA