SELAMAT DATANG KAFANOVA,kirimkan kritik saran demi kemajuan blog ini,,kirimkan tulisan terbaik anda ke sapujagad@gmail.com,,bisa berupa artikel,cerpen,dll
Home » » KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Sejalan dengan dengan kemajuan industri dan tegnologi, kebutuhan manusiaakan sarana yang memadai makin bertambah. Salah satu sarana itu ialah bahankimia,baik berupa unsur, senyawa ataupum campuran. Kita telah mengetahui bahwaterdapat 92 jenis unsur di alam. Kebayakan dari unsur tersebut terdapat sebagaipersenyawaan. Hanya unsur-unsur yang kurang reaktif saja yang belum ditemukandalam keadaan bebas. Tetapi, berkat kemajuan iptek kita telah dapat membebaskanunsur-unsur dari persenyawaan.
Dalam makalah ini akan dibahas beberapa unsur yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Unsur-ኡንሱር
  yang akan dibahas meliputi beberapa unsur logam dan beberapa unsur non logam.BEBERAPA UNSUR 
ሎጋም Dari 92 jenis unsur alam, 70 jenis deantaranya adalah unsur logam. Unsur-
unsur buatan manusia (NA 93-109) sering dikelompokkan sebagai unsur logam.
Telah kita pelajari bahwa logam-logam diperoleh dengan cara mereduksisenyawa-senyawanya. Proses rsduksi ini ada yang mudah dan ada yang sukartergantung dari kereaktifan masing-masing logam. Besi dan tembaga misalnya, sudahdikenal manusia sejak zaman purba, sedang natrium dan kalium baru dikenal manusiapada abad ke-19 setelah ditemukannya metode elektrolisis. Tembaga adalah logampertama yang dihasilkan oleh kebutuhan primitif ynag mulai digunakan pada masaperunggu (3500 SM) yang diduga terbentuk dari penguraian batuan pada api unggun.Sementara sampel besi pada zaman dulu diduga berasal dari berasal dari batu meteorit yang jatuh ke bumi. Beberapa unsur logam yang lain juga penting untuk kehidupan masyarakat, contohnya perak dan emas.
Sifat –Sifat istimewa logam
Logam mempunyai sifat-sifat istimewa yang menjadi dasra penggunaanya. Sifat-sifat
tersebut dapat dirangkum sebagai berikut. 
a. Kuat
Kecuali raksa, semua berwujud padat pada suhu kamar. Kekerasan dan kekuatan logam dapat ditimgkatkan dengan cara mencampurkan logam dengan logam yang lain atau dengan non logam yang disebut aliase(alloy) misalnya aliase aluminium denganmagnesiumyangdimanfaatkansebagaibahankonstruksibangunan,jembatandan
kendaraan bermotor.
b. Dapat ditempa dan dapat direnggangkan
Logam tidak hancur bila dipukul. Maka, logam dapat ditempa untuk membuat berbagai perkakas, barang kerajinan atau perhiasan. Logam dapat pula diulur menjadi kawat.
c. Konduktor lsitrik yang baik
Sifat ini yang mendasari penggunaan logam sebagai kabel listrik, serta alat memasak
seperti ketel, panci dan kuali.
d. Mengkilap jika digosok
Logam dimanfaatkan sebagai perhiasan maupun untuk dekorasi karena memiliki sifat
mengkilap jika di gosok.
e. Pada suhu kamar berwujud padat kecuali raksa (berwujud cair).
Metalurgi
Metalurgi adalah proses pengolahan bahan-bahan alam menjadi logam unsur yang selanjutnya menjadi logam dengan sifat-sifat yang diinginkan. Bahan an organic alam yang ditemukan di kerak bumi disebutmineral, contohnya bauksit dan aluminosilikat, sedang mineral yang dapat dijadikan sumber untuk memproduksi bahan secara komersial disebutbijih. Bijih logam yang paling umum adalah berupa oksida, sulfida, karbonat, silikat, halida dan sulfat. Silikat sebenarnya paling melimpah, tetapi relatif tidak berharga karena pengolahannya sulit.
Metalurgi melalui tiga tahapan, yaitu :
a. Pemekatan bijih
Di dalam bijih mengandung batuan tak berharga yang disebutbatureja
(gangue). Pemekatan bijih bertujuan untuk menyingkirkan sebanyak mungkin
batureja. Biji dihancurkan dan digiling sehingga butiran terlepas dari batureja.
Pemisahan selanjutnya dapat dilakukan dengan cara fisis seperti pengapungan
(flotasi) atau penarikan dengan magnet.
Pada proses pengapungan, bijih yang telah dihancurkan diberi minyak tertentu. Mineral akan melekat pada buih sehingga terlepas dari batureja atau batureja akan melekat pada buih.
b. Peleburan
Peleburan (smelting ) adalah proses reduksi bijih sehingga menjadi logam unsur yang dapat digunakan berbagai macam zat seperti karbid, hidrogen, logam aktif atau dengan cara elektrolisis. Pemilihan zat peredusi ini tergantung darikereaktifanmasing-masingzat.Makinktiflogammakinsukardireduksi,sehingga diperlukan pereduksi yang lebih kuat.Logam yang kurang aktif sepeti tembaga dan emas dapat direduksi hanya dengan pemanasan. Logam dengan kereaktifan sedang, seperti besi, nikel dan timah dapat direduksi denagn karbon, sedang logam aktif seperti magnesium dan almuinium dapat direduksi dengan elektrolisis. Seringkali proses peleburan ditambah denganfluks, yaitu suatu bahan yang mengikat pengotor dan membentuk zat yang mudahmencair, yang disebutt erak.
c. Pemurnian
Pemurnian (refining ) adalah penyesuaian komposisi kotoran dalam logam kasar.
Beberapa cara pemurnian:Elektrolisis, Misalnya pemurnian tembaga dan nikel.Destilasi, misalnya pemurnian seng dan raksa.Peleburan ulang, misalnya pemurnian besi.
Pemurnian zona, yaitu suatu cara modern yang dilaksanakan dalam pemurnian
logam
Share this article :

0 comments :

Post a Comment

OPINI

LIHAT YANG LAIN YUKK... »
KAFANOVA