SELAMAT DATANG KAFANOVA,kirimkan kritik saran demi kemajuan blog ini,,kirimkan tulisan terbaik anda ke sapujagad@gmail.com,,bisa berupa artikel,cerpen,dll
Home » » Turunkan Berat Badan dengan Cara Mengontrol Porsi Makan

Turunkan Berat Badan dengan Cara Mengontrol Porsi Makan

Jakarta, Menjaga berat badan dengan mengontrol ukuran porsi makan mungkin tidak sesulit yang Anda pikirkan. Anda hanya perlu menemukan cara untuk memotong kalori tanpa perlu menghindari makanan kesukaan Anda.

Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol porsi makan agar mendapatkan berat badan yang ideal, seperti dilansir onlymyhealth, Kamis (9/8/12) antara lain:

1. Mengambil porsi setengah dari porsi biasa

Jika Anda suka makan camilan seperti sebungkus keripik kentang, jangan menghabiskan semuanya dan cukup setengahnya saja. Apabila masih ada keinginan untuk ngemil, atasi dengan mengganti camilan dengan makan buah.

Begitu juga dengan makan besar, makanlah setengah porsi dari porsi makan biasanya. Jika masih merasa lapar, atasi dengan makan buah-buahan atau sayuran. Cobalah untuk mengganti semua makanan yang dimasak dengan buah-buahan dan sayuran mentah.

Makanan yang dimasak memerlukan waktu mencerna yang lebih lama, sementara buah-buahan dan sayuran mentah mengandung lebih banyak serat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Ketika makan di restoran, mintalah pelayan menyediakan piring ekstra untuk memotong setengah porsi dari makanan yang Anda pesan. Selain itu, jangan mudah tergoda untuk menambah pesanan makanan yang biasanya ditawarkan di restoran cepat saji.

2. Perhatikan porsi kalori dari makanan yang Anda makan

Sebelum makan makanan ringan, pastikan untuk selalu memperhatikan label gizi pada kemasannya. Porsi kalori yang besar tetap dapat menggagalkan diet Anda meski telah mengurangi porsi makan hingga setengahnya.

Tetapi jika porsi kalori dalam makanan tersebut terlalu rendah, hal ini akan membuat Anda cenderung makan lebih banyak karena merasa terlalu lapar akibat kurangnya asupan kalori.

Perhatikan jumlah kalori dari makanan yang Anda makan, sebelum memutuskan untuk memotong porsinya hingga setengah. Makanan ringan yang sehat baik untuk menjaga agar Anda tidak terlalu lapar ketika waktu makan besar tiba.

3. Perbanyak porsi sayur ketika makan prasmanan

Ketika sedang berada di suatu acara jamuan makan malam, sangat sulit untuk mengontrol diri sendiri mengambil makanan dalam porsi besar. Trik untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengambil sayuran dalam porsi yang lebih besar dibanding daging atau makanan berlemak lainnya.

Makanlah sayuran seperti wortel dan brokoli terlebih dahulu sebelum beralih ke daging. Cara ini akan membuat Anda cukup kenyang sebelum makan makanan berlemak, sehingga Anda tidak makan makanan berlemak dalam porsi yang besar.

sumber:detik.com
Share this article :

0 comments :

Post a Comment

OPINI

LIHAT YANG LAIN YUKK... »
KAFANOVA