SELAMAT DATANG KAFANOVA,kirimkan kritik saran demi kemajuan blog ini,,kirimkan tulisan terbaik anda ke sapujagad@gmail.com,,bisa berupa artikel,cerpen,dll
Home » » Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Demam tidak selalu berarti penyakit, demam bisa berarti reaksi positif tubuh. demam bisa menjadi indikator adanya infeksi dalam tubuh, atau reaksi positif tubuh karena terjadi penumpukan toksik (racun) dalam tubuh yang terlalu banyak sehingga tubuh harus menghasilkan ekstra panas guna menetralisir kelebihan toksik yang harus dibuang yang tidak bisa diproses oleh suhu tubuh yang normal

1. berikan ekstra cairan yang banyak (banyak minum) agar keseimbangan cairan dalam tubuh tetap terjaga. karena ketika demam tubuh melakukan pembakaran cairan lebih cepat dari biasanya
2. berikan air madu hangat sesering mungkin. campuran air kelapa dan madu lebih baik dan merupakan formula yang sangat baik untuk menurunkan panas.
3. jangan dipaksakan makan, berikan makanan yang ringan dan mudah dicerna, seperti berbagai jus buah-buahan manis yang ditambah madu..
4. jaga agar anak tidak sulit BAB. banyak sekali demam diawali oleh BAB yang jarang dan sulit. bila BAB sulit berikan jus pepaya + melon + madu 3 kali dalam sehari
5. jika panas cukup tinggi kompreslah pada bagian kepala, kening, ketiak dengan air dingin (suhu kamar) atau bila demamnya sangat tinggi kompreslah sekujur tubuhnya.
6. jangan selimbuti anak ketika demam.
7. memijat pada sekitar kelopak mata dan alis mata akan sangat membantu menurunkan demam pada anak dan mengurangi rasa ketidak nyamanan.
8. bila perlu buatlah ramuan dari bawang merah yang dihancutkan campur dengan minyak kelapa atau baby oil. oleskan ke sekujur tubuh anak.
9. obat penurun panans hanya boleh dibertikan bila demam tidak terkontrol, dengan pemberian ekstra cairan (banyak minum) dan kompres lokal.

Sumber : DR. Husen A. Bajri, M.D., Ph.D. : Tubuh Anda Adalah Dokter Yang Terbaik
Share this article :

0 comments :

Post a Comment

OPINI

LIHAT YANG LAIN YUKK... »
KAFANOVA