SELAMAT DATANG KAFANOVA,kirimkan kritik saran demi kemajuan blog ini,,kirimkan tulisan terbaik anda ke sapujagad@gmail.com,,bisa berupa artikel,cerpen,dll
Home » » Proses menjadikan sekolah ‘sadar’ karakter

Proses menjadikan sekolah ‘sadar’ karakter



http://www.alibrahgresik.com

Sekolah yang berkarakter adalah sebuah sekolah yang punya arah jelas mengenai akan seperti apa karakter mutu lulusannya. Arah yang saya maksud adalah sebuah peta yang dibuat oleh komunitas sekolah dalam menjawab tantangan yang ada di depan mata. Sebagai sebuah sekolah pemimpin dan guru yang manjalankan roda sekolah sehari-hari memang mempunyai tugas membumikan deretan karakter-karakter yang baik yang sudah sekolah pilih untuk menjadi kenyataan.
Dalam mewujudkan sebuah sekolah tentu ada proses yang mesti dijalani, karena mengharapkan siswa berkarakter hanya lewat RPP yang berlabel ‘RPP berkarakter’ tidaklah mungkin. Tulisan singkat ini akan membahas bagaimana sebuah sekolah menjalani proses sebagai mewujudkan sekolah berkarakter.
Sebagai sebuah komunitas
  1. Yayasan, kepala sekolah dan guru duduk bersama membicarakan mengenai karakter apa yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan jaman
  2. Membentuk kelompok kerja (work group) yang tugasnya membuat detail sikap atau perilaku yang diinginkan sesuai dengan tingkatan kelas. Artinya untuk satu karakter misalnya ‘bekerja sama’ klas TK sampai kelas 2 duduk bersama membicarakan detail sikap yang diinginkan dari sebuah karakter kerja sama.
  3. Jika sudah didapatkan dimulailah proses ‘memasyarakatkannya’. Karakter yang sudah didapat dari hasil rapat dengan seluruh komunitas sekolah dibuatkan deskripsi singkatnya.
  4. Proses memasyarakatkan yang saya maksud adalah;
  • Sekolah mengadakan pelatihan dan workshop bagi para guru
  • Sekolah mencetak poster 2 versi  (untuk diluar sekolah dan untuk didalam kelas) yang berisi karakter serta penjelasannya
  • Sekolah mengadakan workshop dan pelatihan untuk guru, admin atau tata usaha dan orang tua.
Tugas Guru
  1. Memberi saran pada works group mengenai karakter apa saja yang kira-kira cocok untuk diterapkan di sekolah
  2. Menempelkan karakter yang sudah sekolah cetak untuk ditempel di kelas masing-masing.
  3. Menggunakan kalimat yang berisi karakter saat memuji siswa, dan saat percakapan sehari-hari di kelas misalnya “Andi kamu hebat sekali karena hari ini percaya diri berpresentasi tampil di depan teman-teman mu.
Tugas kepala sekolah dan kepala bidang kurikulum
  1. Membuat desain raport penilaian yang didalamnya tertera karakter
  2. Memastikan guru untuk menggunakan penilaian yang mencakup karakter-karakter yang sudah menjadi persetujuan.
Share this article :

0 comments :

Post a Comment

OPINI

LIHAT YANG LAIN YUKK... »
KAFANOVA