SELAMAT DATANG KAFANOVA,kirimkan kritik saran demi kemajuan blog ini,,kirimkan tulisan terbaik anda ke sapujagad@gmail.com,,bisa berupa artikel,cerpen,dll
Home » » Makanan Pokok Selain Nasi

Makanan Pokok Selain Nasi


Mengenal bahan makanan pengganti nasi, ada kalanya ketika musim panen gagal sehingga harga beras mahal maka dibutuhkan makanan pengganti yang murah dan mudah didapat,atau juga karena seseorang yang menderita penyakit tertentu sehingga tidak diperbolehkan konsumsi nasi maka juga dibutuhkan makanan pengganti, adapun bahan makanan pengganti nasi yang ada di Indonesia antara lain:

1. Singkong

Singkong atau ketela pohon banyak tumbuh dan ditemukan di Indonesia, singkong dapat diolah menjadi berbagai makanan untuk menggantikan nasi antara lain bisa berupa, gaplek, tepung singkong, kolak,tape, dodol, getuk dan lain-lain. Singkong kaya akan kalori yang berguna untuk menambah ketahan tubuh.

2. Ubi Jalar ( Ketela )
Ubi jalar atau ketela ada berbagai macam jenis dan warna,ubi jalar yang paling enak adalah ubi jalar makanan pokok warga Papua dengan cukup membakarnya mereka mengkonsumsinya layaknya nasi untuk makanan sehari-hari.

3. Kentang

Jenis ubi-ubian yang tumbuh didaerah pegunungan ini biasa digunakan untuk tambahan sayuran sup atau juga keripik. Kentang dengan cukup direbus bisa digunakan sebagai makanan pengganti nasi khususnya bagi penderita penyakit diabetes dan juga baik bagi anak balita.

4. Jagung


Hasil pertanian yang banyak tumbuh ini selain diolah menjadi camilan sejenis popcorn, untuk sayuranatau sekedar jagung bakar dan jagung rebus.namun jagung juga bisa diolah menjadi nasi jagung,empok (makanan jawa) yang berfungsi layaknya nasi.


5. Beras Ketan
Tumbuhan sejenis padi namun berbeda rasa,beras ketan kalau ditanak akan terasa lengket dan biasa dikonsumsi dengan parutan kelapa plus sambal,dijadikan bubur atau juga diolahmenjadi tape ketan, dodoldan lain-lain. Ada dua macam beras ketan yaitu ketan hitam dan ketan putih.

6. Kacang Hijau


Kacang hijau jika diolah menjadi bubur dan sejenisnya juga bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi. Pada anak balita yang baru tumbuh biasanya mereka mengkonsumsi bubur kacang hijau yang banyak diproduksi dalam bentuk kemasan bubuk.


7. Jlarut

Sejenis umbi-umbian yang bentuknya seperti tumbuhan temu lawak namun berwarna putih. Dengan mengolahnya jlarut biasa dijadikan bubur layak tepung sagu dan tepung tapioka.

8. Sagu

Tak asing lagi tumbuhan yang banyak dijumpai dikawasan timur Indonesia ini merupakan makanan pokok warga Maluku. Pohonnya seperti pohon kelapa dari batang pohon sagu inilah yang menghasilkan tepung sagu untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan.
 

9. Gandum
Gandum merupakan bahan utama dijadikan tepung terigu yang kemudian diolah menjadi berbagai macam dan jenis roti. Roti inilah makanan pengganti nasi.

10. Beras Kacang

Kacangan-kacangan yang satu ini jarang dikenal masyarakat namun jika mengolahnya akan menjadi makanan yang bisa menggantikan nasi. Biasanya beras kacang ini dijadikan campuran nasi dan nasi ketan,atau juga diolah menjadi sejenis dodol (gempo makanan khas jawa )

Itulah beberapa jenis bahan makanan yang bisa dijadikan untuk makanan pengganti nasi, semoga bermanfaat artikel Raja Jempol kali ini. sumber

Share this article :

0 comments :

Post a Comment

OPINI

LIHAT YANG LAIN YUKK... »
KAFANOVA