SELAMAT DATANG KAFANOVA,kirimkan kritik saran demi kemajuan blog ini,,kirimkan tulisan terbaik anda ke sapujagad@gmail.com,,bisa berupa artikel,cerpen,dll
Home » , , » Fitur dan Agenda Kegiatan Simpatika Semester 2 Tahun 2015/2016

Fitur dan Agenda Kegiatan Simpatika Semester 2 Tahun 2015/2016

Layanan Simpatika kembali berbenah. Semenjak resmi dipergunakan oleh Kementerian Agama dan berubah nama dari Padamu Negeri menjadi Simpatikapada semester pertama Tahun pelajaran 2015/2016. Pada semester kedua tahun pelajaran ini, sederet fitur baru dan agenda kegiatan telah dipersiapkan.

Penambahan fitur-fitur baru dan rencana agenda kegiatan pada semester kedua tahun pelajaran 2015/2016 ini untuk mengakomodir pendataan online sesuai dengan kebutuhan di lingkungan Kementerian Agama.

Dari laman resmi Simpatika di facebook menyebutkan bahwa pendataan online melalui layanan Simpatika di semster kedua (semester genap) tahun pelajaran 2015/2016 akan dimulai pada 1 Februari 2016. Masa verval ini terus berlangsung hingga 30 Juni 2016.

Selain melayani pendataan online PTK seperti tahun sebelumnya, akan ada beberapa fitur (program) baru yang akan dilaksanakan.



Fitur dan Program Baru Simpatika


Apa saja fitur dan program baru Simpatika tersebut?

Masih menurut laman facebook resmi Simpatika, beberapa program baru yang dipersiapkan dan akan di-launching mulai 1 Februari 2016 antara lain:


1. Cetak SKMT dan SKBK Online


SKMT atau Surat Keterangan Melaksanakan Tugas Guru adalah surat yang menerangkan tugas dan jumlah jam mengajar seorang. SKMT dibuat oleh Kepala Madrasah dengan diketahui oleh Pengawas. SKMT menjadi persyaratan berbagai program Kementerian Agama seperti pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) dll.

SKBK atau Surat Keterangan Beban Kerja adalah surat yang menerangkan seorang guru, secara kumulatif telah memenuhi beban kerja kumulatif minimal. SKBK pun dibuat oleh Kepala Madrasah.

Sebelumnya, SKMT dan SKBK dibuat secara manual oleh Kepala Sekolah.

Pada semester kedua ini, SKMT dan SKBK akan dicetak secara langsung melalui layanan Simpatika. Pengisiannya disinkronisasi dengan Jadwal Mengajar Mingguan yang telah dijalankan dalam layanan Simpatika sejak setahun lalu.

Dengan integrasi pencetakan SKMT dan SKBK dengan Jadwal Mengajar Mingguan di layanan Simpatika, selain dapat mempermudah pembuatan, pun diharapkan dapat meningkatkan validitas data SKMT dan SKBK.

2. VerVal NRG lanjutan


Pada layanan Padamu Negeri semester genap 2014/2015 telah dilaksanakan Verval NRG. Namun hasilnya masih menyisakan beberapa NRG (Nomor Registrasi Guru) yang belum terverval. Dimungkinkan juga masih ada PTK yang belum memiliki NRG.

Padahal untuk mengeluarkan NRG berada di bawah kewenangan Pusbangprodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, termasuk NRG bagi guru di lembaga yang bernaung pada Kementerian Agama.

Layanan Simpatika dan Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama telah melakukan kerjasama antar kementerian untuk melakukan verval NRG.

3. VerVal Inpassing

Salah satu program baru Simpatika di semester kedua Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah Verval Inpassing. Verval ini ditujukan untuk melakukan verifikasi dan validasi SK Inpassing yang telah beredar di kalangan pendidik Kementerian Agama. Untuk menjamin keaslian SK-SK tersebut.


4. Registrasi UKG periode 2016


Pada semester silam, telah dilaksanakan registrasi UKG. Namun karena minim dan mepetnya sosialisasi, tidak sedikit yang tertinggal dan belum mendaftarkan diri.

Padahal, menurut rencana, semua guru di naungan Kementerian Agama akan mengikuti UKG secara bertahap. Pendaftaran hingga jadwal pelaksanaan UKG memanfaatkan sistem layanan Simpatika.

5. Seleksi Sertifikasi Guru periode 2016


Pemetaan dan seleksi calon peserta sertifikasi telah beberapa kali memanfaatkan layanan Simpatika. Karena itu, pada periode tahun 2016, kembali Kementerian agama akan melaksanakan seleksi program Sertifikasi Guru.

6. Penerbitan NPK (Nomor Pendidik Kemenag)


NPK atau Nomor Pendidik Kemenag adalah salah satu hal terbaru di Kementerian Agama. Nomor ini akan diberikan kepada semua pendidik di Kementerian Agama yang memenuhi persyaratan. NPK juga menjadi semacam NUPTK khusus Kementerian Agama.

7. Pemetaan Kebutuhan Guru

Kebutuhan guru Madrasah di berbagai daerah di Indonesia berbeda-beda. Bahkan dimungkinkan terjadi perbedaan yang siginifikan. Terutama antara pulau Jawa yang kelebihan guru dan luar pulau Jawa yang masih kekurangan guru.

Dengan pemetaan kebutuhan guru akan diketahui daerah-daerah mana (hingga tingkat madrasah) yang kelebihan dan kekurangan guru.

Fitur Lama Simpatika


Selain beberapa program terbaru tersebut, Simpatika tetap melakukan pendataan online dengan berbagai program yang sementara ini telah berjalan. Seperti pendaftaran guru baru, mutasi dan non aktif, serta perubahan biodata pendidik. Penyusunan jadwal mengajar mingguan dan pendataan siswa.

Itulah sederetan fitur dan agenda kegiatan Simpatika di Tahun pelajaran 2015/2016 Semester Genap

sumber :http://www.simpatikapati.com/2016/01/fitur-dan-agenda-kegiatan-simpatika.html.
Share this article :

0 comments :

Post a Comment

OPINI

LIHAT YANG LAIN YUKK... »
KAFANOVA