SELAMAT DATANG KAFANOVA,kirimkan kritik saran demi kemajuan blog ini,,kirimkan tulisan terbaik anda ke sapujagad@gmail.com,,bisa berupa artikel,cerpen,dll
Home » , » Khasiat Daun Kresen untuk Kesehatan

Khasiat Daun Kresen untuk Kesehatan

Tumbuhan kresen yang memiliki nama latin Muntingia calabura L adalah tumbuhan yang  memiliki buah yang kecil seperti kelengkeng dan berwarna merah cerah jika matang. Warna dan rasanya yang manis pasti membuat semua orang akan tergiur untuk merasakan kenikmatan buah ini. Tetapi tahukah anda bahwa selain dari buahnya, daun kresen juga mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan. 

Kandungan yang ada pada daun kresen itu bisa jadi obat alami untuk sebagian permasalahan kesehatan, terkecuali irit juga aman karena penyembuhan dengan bahan alami lebih alami serta minim pada efek samping, meskipun sistem pengobatannya lebih lama bila dibanding dengan obat di apotik. Khasiat dari daun kresen adalah untuk menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes. 

Hal itu karena daun ini mengandung senyawa kimia saponin dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyekresi hormon insulin yang bekerja untuk metabolisme gula. Anda bisa membuat ramuan dengan cara mengambil 100 gram daun kresen, cuci hingga bersih, lalu rebus dengan satu liter air dan biarkan hingga airnya tersisa setengahnya. Minumlah dua kali sehari, masing-masing satu gelas. 

Selain itu daun kresen juga dapat berfungsi sebagai antiseptic dan antitumor karena mengandung senyawa saponin, tannin, dan flavonoid sehingga dapat membunuh mikroba bakteri, dan dapat menghambat pertumbuhan sel-sel tumor. Daun kresen juga memiliki khasiat untuk mencegah atau mengobati kolesterol. Anda bisa membuat ramuan dengan cara merebus segenggam daun kresen yang segar dengan 3 gelas air, biarkan sampai mendidih dan biarkan hingga airnya tersisa satu gelas. Lalu minum secara teratur tiga kali sehari. Nah, itulah beberapa informasi mengenai khasiat daun kresen, mudah-mudahan informasi itu bermanfaat serta bisa menaikkan pengetahuan kita akan manfaat tumbuhan  yang ada di sekitar kita.   
Semarang, 25 Februari 2016 Albert Febriano & Geraldo Axel

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/albertgeraldo/khasiat-daun-kresen-untuk-kesehatan_56cf1dc88323bdec098b4576
Share this article :

0 comments :

Post a Comment

OPINI

LIHAT YANG LAIN YUKK... »
KAFANOVA