SELAMAT DATANG KAFANOVA,kirimkan kritik saran demi kemajuan blog ini,,kirimkan tulisan terbaik anda ke sapujagad@gmail.com,,bisa berupa artikel,cerpen,dll
Home » , » Waspadai 10 aktivitas yang habiskan waktu mengajar anda di kelas

Waspadai 10 aktivitas yang habiskan waktu mengajar anda di kelas


CV1i_K5WcAEExXJ
Guru senang mengeluh bahwa waktunya sering kurang saat mengajar, eits nanti dulu, beda tipis antara waktu yang kurang dan kurang bisa mengatur waktu. Jam mengajar dalam satu jam pelajaran berkisar 30 sampai 45 menit. Dalam dua jam pelajaran sebenarnya sangat cukup untuk bisa mengahantarkan materi dan membuat siswa senang melakukan kegiatan di kelas. Ada beberapa kegiatan yang sadar tidak sadar menyita waktu guru. Kegiatan dibawah ini mungkin saja pernah atau masih anda lakukan, padahal lumayan menghabiskan waktu
  1. Mengabsen murid satu persatu. Apalagi jika murid anda banyak kelas pun jadi ribut dan jadi kurang kondusif. Guru bisa saja mengatakan siapa yang tidak masuk, atau langsung mendayagunakan siswa untuk melakukan absensi, biasanya siswa senang betul jika disuruh.
  2. Siswa menggeser meja kursi membentuk kelompok. Apalagi jika kursi dan mejanya berat. Buatlah meja kursi dalam kelompok, jika kelas anda dipakai bergantian minta guru yang terakhir gunakan kelas anda untuk menggeser kursi dan meja seperti semula (berkelompok)
  3. Guru membelakangi siswa untuk menulis di papan tulis. Ini yang juga akan membuat lama dan membuang waktu guru. Saat guru membelakangi siswa, hampir dapat dipastikan murid akan langsung gaduh dan tidak terkontrol. Sebelum mengajar guru bisa membuat tulisan di kertas besar mengenai materinya, masuk kelas guru tinggal menempelkannya saja atau jika belum ingin menunjukkannya pada siswa, guru bisa menutup kertas terlebih dahulu.
  4. Siswa membentuk kelompok. Ini juga hampir pasti menghabiskan waktu. Latih terus menerus murid kita untuk membuat kelompok dengan cepat dan efisien. Ada guru yang tidak mau susah, ia langsung tentukan kelompok siswanya, akibatnya murid jadi bosan karena ia tahu persis siapa temannya dalam kelompok. Hal ini malah akan membuat suasana dalam kerja kelompok tidak kondusif.
  5. Guru memasang peralatan. Lebih baik minta siswa secara rutin jadi petugas untuk memasangkan LCD dengan komputer anda misalnya. Latih mereka terus menerus agar mereka cepat dalam memasang dan bisa membantu anda
  6. Murid menyalin tulisan guru (belum tentu jelas). Guru sering terlalu percaya diri menulis dengan tulisan tangan di papan tulis, padahal belum tentu tulisannya jelas dan bisa dibaca oleh siswa. Sudah tulisannya kurang jelas, ia minta murid untuk menyalin, maka makin banyaklah waktu yang tersisa. Sediakan waktu untuk membuat slide atau menulis dengan tulisan yang baik di kertas dan langsung menempel saat akan menerangkan.
  7. Guru mendiamkan siswa. Guru perlu punya teknik mendiamkan siswa dengan cepat, lebih bagus lagi jika guru berkeliling, ia bisa langsung mendekati siswa yang jadi sumber keributan.
  8. Mendiamkan anak yang bermasalah. Ada di setiap kelas, siswa yang haus perhatian, guru sebaiknya memfokuskan diri dan melakukan semua hal di luar jam pelajaran untuk mengatasi anak ini. Mengatasi anak ini saat jam pelajaran malah akan membuat ia senang mendapatkan perhatian dari seisi kelas.
  9. Guru mengulang instruksi berkali-kali. Ini akibat guru lanjut saja menjelaskan ketika anak masih belum sepenuhnya mengerti, akibatnya anak yang senang diperhatikan akan suka sekali melakukan konfirmasi kepada gurunya, celakanya guru malah menjelaskan instruksinya satu persatu kepada anak yang kurang kelas. Bayangkan jika ada separuh jumlah siswa yang kurang jelas, ada baiknya guru berhenti menjelaskan ketika ia melihat sebagian siswa tidak jelas.
  10. Guru meminta tiap kelompok untuk presentasi. Bayangkan jika ada 5 grup dalam satu kelas, saya jamin waktu anda akan habis. Belum lagi jika ada siswa ekstrovert dan senang bicara maka seperti diberikan panggung rasanya bagi ia ketika diminta presentasi. Cara untuk menghindari ini adalah, minta siswa menuliskan jawaban saja di kertas, lalu minta setiap kelompok untuk menempel jawabannya di kelas.
Waktu sangat berharga jika anda memang ingin hadirkan hal yang terbaik untuk siswa. Masalah waktu memang akan tetap jadi masalah bagi guru yang kreatif. Secara umum biasakan untuk selalu menghitung mundur saat menugaskan sesuatu kepada siswa anda atau selalu katakan berapa waktu yang diperlukan untuk anak bisa melakukan kegiatan yang ada suruh, dengan demikian siswa jadi fokus dan merasa bahwa waktu adalah berharga.
Sumber ;https://gurukreatif.wordpress.com/2016/02/25/waspadai-10-aktivitas-yang-habiskan-waktu-mengajar-di-kelas/
Share this article :

0 comments :

Post a Comment

OPINI

LIHAT YANG LAIN YUKK... »
KAFANOVA