SELAMAT DATANG KAFANOVA,kirimkan kritik saran demi kemajuan blog ini,,kirimkan tulisan terbaik anda ke sapujagad@gmail.com,,bisa berupa artikel,cerpen,dll
Home » » Anda punya karakter guru sejati jika anda……

Anda punya karakter guru sejati jika anda……

Karakter seorang guru sejati ada pada individu yang menikmati sekali profesinya. Menikmati dalam arti jika ia sebagai individu terlibat penuh secara emosional pada profesi yang katanya ibu dari semua profesi ini. Penjelasan dibawah ini bisa membuat anda sebagai guru berkaca dan senang atau tambah semangat menjalani profesi. Yuk kita mulai dengan ciri apa yang mengatakan bahwa anda adalah guru sejati.
- jika jalan di mall atau tempat keramaian dan ada anak-anak usia sekolah berlari-lari ditengah keramaian atau di tangga berjalan, anda sibuk memperingatkan. Padahal kenal saja tidak, hehe
- Anda dipanggil oleh kerabat dekat sebagai ibu atau bapak guru. Menurut saya ini panggilan yang datang dari rasa hormat. Kerabat dekat anda memanggil dengan sebutan tersebut dikarenakan nyaman atas perilaku anda pada keponakan atau anak-anak kecil yang selalu anda berikan perhatian, rasa sayang dan motivasi.
- Ditempat umum jika anda bertemu anak kecil atau anak usia TK ia akan melihat dan menatap anda lama sekali. Hal ini sangat wajar, dalam kehidupan anak seusianya, ia sedikit sekali mengenal orang dewasa yang bukan orang tuanya. Nah saat ia mulai bersekolah, ia mulai mengenal orang dewasa yang bernama ‘guru’. Saat ia melihat anda maka ‘radar’ nya dengan cepat bisa mengenali jika anda adalah seorang guru. Entah itu karena tatapan mata anda yang lembut atau cara anda tersenyum yang mengingatkan ia pada gurunya di sekolah.
Masih banyak lagi contoh yang lain yang mungkin anda alami sendiri sebagai guru dalam perjalanan anda menapaki profesi. Contoh diatas hanya bisa ditemui jika seorang guru bangga dan meresapi perannya sebagai pendidik. Cara yang bisa ditempuh antara lain dengan menjaga penampilan, tutur kata dan selarasnya ucapan dan perbuatan, dijamin tanpa mengenalkan diri sebagai guru kepada orang lain, maka orang lain sudah bisa mengenali.
Anda punya contoh yang lain? Mari berbagi lewat komentar.

sumber:http://gurukreatif.wordpress.com/
Share this article :

0 comments :

Post a Comment

OPINI

LIHAT YANG LAIN YUKK... »
KAFANOVA