SELAMAT DATANG KAFANOVA,kirimkan kritik saran demi kemajuan blog ini,,kirimkan tulisan terbaik anda ke sapujagad@gmail.com,,bisa berupa artikel,cerpen,dll
Home » » Adam Malik, Mantan Wapres RI Hanya Tamatan SD

Adam Malik, Mantan Wapres RI Hanya Tamatan SD

-->
Masih ingat ga sama wakil presiden RI yang ke-3? Ya, beliau adalah Adam Malik, yang sering dijuluki ‘Si Kancil’ karena dia pintar dan cerdik. Tapi anda percaya ga sih kalo ternyata pendiri kantor berita Antara ini, cuma lulus SD? Wow, kok bisa yah orang yang hanya lulusan SD menjadi orang yang sukses?
Adam Malik sempat mengenyam pendidikan di Hollandsch-Inlandsche School, yang setara dengan SD. Ayahnya, Haji Abdul Malik Batubara sebenarnya sempat menyekolahkan Adam, tapi karena dia merasa ga betah, akhirnya dia lebih memilih untuk menjadi penjaga toko. Selama menjaga toko, Adam banyak membaca buku, dari situ deh wawasannya terus bertambah…….
Adam Malik pada usia 17 tahun telah menjadi ketua Partindo di Pematang Siantar (1934- 1935) untuk ikut aktif memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Keinginan si Kancil untuk maju dan berbakti kepada bangsa mendorongnya merantau ke Jakarta. Dari sini perjalanan karirnya mulai keliatan. Dia ketemu sama banyak orang hebat dan nekat mendirikan kantor berita Antara, yang sampe sekarang jadi pemasok berita untuk banyak media!
Di zaman Jepang, Adam Malik aktif bergerilya dalam gerakan pemuda memperjuangkan kemerdekaan. Menjelang 17 Agustus 1945, bersama Sukarni, Chaerul Saleh, dan Wikana, Adam Malik pernah melarikan proklamator sekaligus Presiden Republik Indonesia pertama (1945-1966) Bung Karno dan juga wakilnya Bung Hatta ke Rengasdengklok untuk memaksa mereka memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Nah, dari sini kariernya di pemerintahan mulai terbuka, sampai akhirnya di era Orde Baru dia terpilih menjadi wakil presiden.
Keren banget ya, Seseorang yang pendidikannya hanya mentok di bangku SD bisa mampu menjadi orang besar. Rasa ingin tahu dan keinginan mau belajar yang tentunya membawa Adam menjadi seseorang seperti yang sekarang kita kenang.

Share this article :

0 comments :

Post a Comment

OPINI

LIHAT YANG LAIN YUKK... »
KAFANOVA