Ticker

6/recent/ticker-posts

6 langkah sukses guru melakukan pembelajaran kooperatif

resize
Pembelajaran dengan bekerja sama  ada dalam lingkup pembelajaran dengan berkolaborasi atau simpelnya disebut dengan ‘pembelajaran berkelompok’. Dalam tipe pembelajaran seperti ini, guru mesti menyiapkan penugasan yang terstruktur dan dalam kelompok yang kecil. Mengapa dalam kelompok kecil? (5 paling banyak) Hal ini dikarenakan siswa jadi lebih mudah untuk berbagi kekuatan, mengembangkan keterampilan interpersonal dan yang terpenting belajar menangani konflik.
13034faea6b2ef5a4fc389cb2e460f24
Apa yang mesti guru lakukan agar pembelajaran dengan bekerjasama ini bisa berhasil di kelasnya
  1. Guru mempersiapkan penugasan yang terstruktur dengan tingkat kesulitan yang beragam
  2. Guru mesti punya mental menghargai semua hal yang siswa katakan, dengan cara berpikir positif dan yang paling penting sabar.
  3. Kelas menjadi tempat yang aman bagi siswa berpendapat. Guru jadi penegak moral bagi siswa yang sukanya mencemooh dan guru mesti hati-hati berkomentar.
  4. Guru menjadi penengah saat terjadi konflik dan membekali siswa cara menyelesaikan konflik.
  5. Guru jadi orang yang pandai membuat siswa mengingat pengalaman siswa sebelumnya berkenaan dengan topik yang sedang dibahas
  6. Siswa diajak untuk bertanggung jawab pada pembelajarannya sendiri.
6 langkah diatas sangat berguna bagi guru yang ingin kelasnnya aktif dan bermakna. Saatnya guru menjadi fasilitator dan tidak hanya sekedar mentransfer pengetahuan saja.

Post a Comment

0 Comments