RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : XI /1
Pertemuan ke- : 1,2,3
Alokasi waktu : 6 X 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami perkembangan konsep reaksi kimia
Kompetensi Dasar : 19.2 Membedakan konsep oksidasi, reduksi, dan reaksi lainnya
Indikator :
Setelah mempelajari bagian ini,
Pertemuan pertama
a. Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi
b. Kegiatan inti
Pertemuan kedua
a. Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi
b. Kegiatan inti
Pertemuan ketiga
a. Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi
b. Kegiatan inti
V. Alat dan Sumber Belajar:
a. Buku Kimia SMK
VI. Penilaian:
a. Teknik : tes tulis
b. Bentuk instrumen : pilihan ganda, tes isian dan tes uraian
c. Soal/instrumen :
Pilihan ganda :
1) Senyawa nitrogen yang memiliki bilangan oksidasi terbesar terdapat pada…
b. Cu2O(s) + CO(s) →Cu(s) + CO2(g)
Mata pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : XI /1
Pertemuan ke- : 1,2,3
Alokasi waktu : 6 X 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami perkembangan konsep reaksi kimia
Kompetensi Dasar : 19.2 Membedakan konsep oksidasi, reduksi, dan reaksi lainnya
Indikator :
- Pengertian bilangan oksidasi dideskripsikan dengan benar.
- Pengertian konsep oksidasi dan reduksi sebagai penggabungan dan pelepasan oksigen, atau pelepasan dan penerimaan elektron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi dideskripsikan dengan benar.
- Pengertian oksidator sebagai senyawa yang mengalami penurunan bilangan oksidasi atau mengalami reduksi dideskripsikan dengan benar.
- Pengertian reduktor sebagai senyawa yang mengalami kenaikan bilangan oksidasi atau mengalami oksidasi dideskripsikan dengan benar.
- Penyetaraan reaksi reduksi-oksidasi dengan pelepasan dan penerimaan elekron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi dilakukan dengan benar.
Setelah mempelajari bagian ini,
- Siswa dapat mengerti tentang bilangan oksidasi
- Siswa dapat memahai konsep oksidasi dan reduksi sebagai pengggabunagn atau pelepasan dan penerimaan elektron.
- Siswa dapat memahami konsep reaksi Redoks sebagai peningkatan dan penurunan Bilangan oksidasi
- Siswa mengerti pengertian reduktor
- Siswa mengerti pengertian Oksidator
- Reduksi dan Oksidasi
- Ceramah
- Diskusi Informasi
- Percobaan
Pertemuan pertama
a. Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi
b. Kegiatan inti
- Menjelaskan konsep Bilangan Oksidasi dengan benar
- Menjelaskan reaksi Redoks sebagai pengikatan Oksigen dan pelepasan oksigen dengan memberikan contoh-contoh
Pertemuan kedua
a. Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi
b. Kegiatan inti
- Menjelaskan reaksi redoks sebagai perpindan elektron dengan memberikan contoh-contoh
Pertemuan ketiga
a. Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi
b. Kegiatan inti
- Menjelaskan konsep reaksi redoks sebagai peningkatan atau penurunan bilangan oksidasi dengan contoh-contoh
- Melatih siswa untuk memnyebutkan reduktor, oksidator, hasil oksidasi, hasil reduksi dalam seatu reaksi redoks
V. Alat dan Sumber Belajar:
a. Buku Kimia SMK
VI. Penilaian:
a. Teknik : tes tulis
b. Bentuk instrumen : pilihan ganda, tes isian dan tes uraian
c. Soal/instrumen :
Pilihan ganda :
1) Senyawa nitrogen yang memiliki bilangan oksidasi terbesar terdapat pada…
- NO d. N2O4
- N2O e. N2O5
- N203
- Oksidator d. Pereduksi
- Pengoksidasi e. Peluruh
- Pengotor
- Jelaskan pengertian reaksi oksidasi dan reduksi berdasarkan konsep perpindahan oksigen, perpindahan elektron dan perubahan bilangan oksidasi!
- Tentukan bilangan oksidasi mangan pada senyawa berikut
- MnO2
- KmnO4
- Mn203
- Setarakan reaksi-reaksi berikut dan tetukan oksidator dan reduktor!
b. Cu2O(s) + CO(s) →Cu(s) + CO2(g)
0 Comments