SELAMAT DATANG KAFANOVA,kirimkan kritik saran demi kemajuan blog ini,,kirimkan tulisan terbaik anda ke sapujagad@gmail.com,,bisa berupa artikel,cerpen,dll
Home » » Apakah itu api?

Apakah itu api?

Apakah itu api? Apakah api termasuk materi? Jika termasuk materi, berarti api mempunyai massa, apakah benar? Lalu adakah lambang unsur dari api?
Nah, mungkin kita belum pernah memikirkan hal itu. Tapi cobalah untuk berpikir, dan menganalisa, apakah api itu? Pastinya, api muncul ketika terjadi proses pembakaran bahan – bahan yang mudah terbakar, dan ada energi panas yang dihasilkannya.
Nah, bagaimana proses terjadinya api?
Api timbul karena adanya gesekan antar benda yang berada dalam udara. Gesekan itu merupakan energi, mungkin berasal dari gerak benda – benda yang saling bergesekan, atau karena adanya energi potensial benda. Yang pasti ada energi yang menyertai gesekan. Lalu energi itu dipakai oleh atom – atom oksigen di udara, sehingga energi dalam atom oksigen bertambah. Energi tersebut dipakai juga oleh elektron dalam atom – atom oksigen untuk naik ke kulit yang lebih tinggi (tereksitasi). Tapi proses tersebut hanya sebentar, lalu elektron tersebut akan kembali lagi ke keadaan semula dengan membuang kelebihan energinya sebagai cahaya (foton). Maka kita dapat melihat api memancarkan warna, ada yang berwarna merah, kuning, maupun biru. Energi yang didapatkan dari gesekan juga dimanfaatkan oleh oksigen untuk dapat bereaksi dengan zat – zat yang mudah terbakar untuk memulai proses pembakaran (energi aktivasi). Energi aktivasi ini diperlukan untuk memulai pembakaran. Jadi jika energi yang didapatkan kurang dari energi aktivasi, maka reaksi pembakaran belum berlangsung. Oleh karena itu, kita tahu bahwa kertas yang berada diudara tidak serta merta terbakar, tapi perlu dipicu oleh gesekan dengan benda lain, atau suhu dan tekanan tertentu baru bisa terbakar. Nah, setelah terjadi proses pembakaran, maka ada energi kimia yang dilepaskan dari proses pembakaran (eksotermis). Energi inilah yang terus – menerus menjaga terjadinya proses pembakaran selama zat yang dibakar masih ada dan udara di sekitarnya juga masih ada.
Jadi, menurut Anda apakah api itu termasuk materi atau hanyalah berbagai energi?
Share this article :

0 comments :

Post a Comment

OPINI

LIHAT YANG LAIN YUKK... »
KAFANOVA