Ticker

6/recent/ticker-posts

RPP KIMIA KELAS XI

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran             : KIMIA
Kelas / Semester          : XI /1
Pertemuan ke-              : 1,2,3
Alokasi waktu              : 6 X 45 menit
Standar Kompetensi     : Memahami perkembangan konsep reaksi kimia
Kompetensi Dasar        : 19.2 Membedakan konsep oksidasi, reduksi, dan reaksi lainnya
Indikator                      :
  1. Pengertian bilangan oksidasi dideskripsikan dengan benar.
  2. Pengertian konsep oksidasi dan reduksi sebagai penggabungan dan pelepasan oksigen, atau pelepasan dan penerimaan elektron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi dideskripsikan dengan benar.
  3. Pengertian oksidator sebagai senyawa yang mengalami   penurunan bilangan oksidasi atau mengalami reduksi dideskripsikan dengan benar.
  4. Pengertian reduktor sebagai senyawa yang mengalami kenaikan bilangan oksidasi atau mengalami oksidasi dideskripsikan dengan benar.
  5. Penyetaraan reaksi reduksi-oksidasi dengan pelepasan dan penerimaan elekron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi dilakukan dengan benar.
I.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari bagian ini,
  1. Siswa dapat mengerti tentang bilangan oksidasi
  2. Siswa dapat memahai konsep oksidasi dan reduksi sebagai pengggabunagn atau pelepasan dan penerimaan elektron.
  3. Siswa dapat memahami konsep reaksi Redoks sebagai peningkatan dan penurunan Bilangan oksidasi
  4. Siswa mengerti pengertian reduktor
  5. Siswa mengerti pengertian Oksidator
II.  Materi Ajar (Materi Pokok):
  1. Reduksi dan Oksidasi
III. Metode Pembelajaran:
  1. Ceramah
  2. Diskusi Informasi
  3. Percobaan
IV.  Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan pertama
a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi
b.   Kegiatan inti
  • Menjelaskan konsep Bilangan Oksidasi dengan benar
  • Menjelaskan reaksi Redoks sebagai pengikatan Oksigen dan pelepasan oksigen dengan memberikan contoh-contoh
c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi
Pertemuan kedua
a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi
b.   Kegiatan inti
  • Menjelaskan reaksi redoks sebagai perpindan elektron dengan memberikan contoh-contoh
c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi



Pertemuan ketiga
a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi
b.   Kegiatan inti
  • Menjelaskan konsep reaksi redoks sebagai peningkatan atau penurunan bilangan oksidasi dengan contoh-contoh
  • Melatih siswa untuk memnyebutkan reduktor, oksidator, hasil oksidasi, hasil reduksi dalam seatu reaksi redoks
c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi
V.   Alat dan Sumber Belajar:
a.   Buku Kimia SMK
VI. Penilaian:
a.    Teknik                         : tes tulis
b.   Bentuk instrumen          : pilihan ganda, tes isian dan tes uraian
c.    Soal/instrumen              :
Pilihan ganda                :
1)     Senyawa nitrogen yang memiliki bilangan oksidasi terbesar terdapat pada…
  1. NO                                       d. N2O4
  2. N2O                                      e. N2O5
  3. N203
2)     Reaksi yang mengalami peningkatan bilangan oksidasi suatu unsur adalah…
  1. Oksidator                              d. Pereduksi
  2. Pengoksidasi             e. Peluruh
  3. Pengotor
Uraian              :
  1. Jelaskan pengertian reaksi oksidasi dan reduksi berdasarkan konsep perpindahan oksigen, perpindahan elektron dan perubahan bilangan oksidasi!
  2. Tentukan bilangan oksidasi mangan pada senyawa berikut
    1. MnO2
    2. KmnO4
    3. Mn203
    4. Setarakan reaksi-reaksi berikut dan tetukan oksidator dan reduktor!
a. Fe2O3(s) + S(s)→ Fe(s) + SO2(g)
b. Cu2O(s) + CO(s) →Cu(s) + CO2(g)

Post a Comment

0 Comments