SELAMAT DATANG KAFANOVA,kirimkan kritik saran demi kemajuan blog ini,,kirimkan tulisan terbaik anda ke sapujagad@gmail.com,,bisa berupa artikel,cerpen,dll
Home » » BELAJAR KIMIA MUDAH

BELAJAR KIMIA MUDAH

Kimia kerap dimusuhi oleh semua siswa. banyak anak yang menganggap pelajaran kimia sama halnya dengan pelajaran matematika, bahkan lebih sulit dari matematika. Bagaimana tidak ? Dalam kimia memang terdapat banyak sekali hitungan juga teori yang harus dikuasai .
Eit , tapi jangan putus asa dulu dalam hal belajar kimia karena kimia bukan berarti pelajaran yang ga bisa ditaklukan. Buktinya, siswa siswi sma negeri 1 ciamis selalu menjuarai event event atau lomba - lomba yang berkaitan dengan mata pelajaran ini. Misalnya saja pada pelaksanaan olimpiade science nasional. Hampir setiap tahun, perwakilan kabupaten ciamis seluruhnya dari sma negeri 1 ciamis. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan.
Melihat kondisi di atas, terbukti bahwa kimia bukan lah pelajaran yang terlalu rumit, tidak pula bisa dianggap sepele. Kimia tidak berkutat dengan angka - angka yang rumit seperti matematika dan teori nya pun sebenarnya mudah di mengerti , asalkan kita sungguh dalam mempelajarinya.


Berikut beberapa tips agar kita lebih mudah dalam belajar kimia :
  1. Bersungguh sungguh dan berniat bahwa kita memang ingin bisa pelajaran ini. Semua pekerjaan yang kita kerjakan, tergantung niat nya.
  2. Poin - poin yang menjadi kunci dalam pelajaran kimia. Misalnya, untuk semua stoikiometri , kunci nya adalah mol. Jadi kita harus menguasai mol.
  3. Dalam hal menghafal teori, kita bisa terapkan atau umpamkan dalam kehidupan sehari - hari. Biasanya deretan teori ini dibentuk dalam sebuah kalimat yang mudah untuk diingat. Misalnya dalam menghafal unsur - unsur dalam sistem periodik, deret volta ,dll
  4. Trik lainnya dalam menghafal teori kimia yaitu dengan membuat singkatan - singkatan pendek yang mudah diingat. Misalnya dalam : anoks katred ( anoda oksidasi , katoda reduksi ), vocil mocil ( volume kecil , mol kecil ).
Share this article :

0 comments :

Post a Comment

OPINI

LIHAT YANG LAIN YUKK... »
KAFANOVA