Ticker

6/recent/ticker-posts

Dua Apel Sehari Efektif Cegah Serangan Jantung

Makan dua buah apel secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol 25 persen.
Buatlah makanan Anda sebagai obat. Hal inilah yang mendorong ilmuwan untuk mengungkap sifat-sifat makanan pada kesehatan.
Buah apel adalah salah satu dari mereka. Sebuah studi dari Florida State University Amerika Serikat menemukan khasiat buah ini terhadap kesehatan jantung, seperti dikutip Daily Mail.

Periset melakukan percobaan pada dua kelompok wanita menopause, yang berisiko terkena serangan jantung dan stroke. Kelompok pertama diminta mengonsumsi dua buah apel setiap hari. Kelompok kedua diminta mengonsumsi buah plum setiap hari.


Percobaan berlangsung selama enam bulan dengan tes darah rutin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang makan dua buah apel secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 25 persen. Sedangkan mereka yang makan plum tidak menunjukkan hasil yang signifikan.

Timbunan kolesterol jahat bisa memicu pembekuan darah yang berpotensi menghambat aliran darah di sekitar jantung dan otak. Itulah mengapa penurunan kadar kolesterol jahat dalam darah cukup signifikan mencegah serangan jantung dan stroke.

Dalam peneltian ini periset melibatkan wanita menopause sebagai relawan. Karena wanita menopause dianggap sebagai kelompok berisiko tinggi mengalami sakit jantung dan stroke. Sekitar 45 persen wanita menopause di Inggris mengalaminya.

2 penyakit itu (jantung dan stroke) dianggap sebagai pemicu kematian terbesar di kalangan mereka. Sampai sebelum menopause, wanita memang dianggap memiliki risiko rendah mengalami penyakit jantung dan stroke. Risikonya 1/3 lebih rendah dibandingkan pria. Namun, risiko itu meningkat tajam setelah memasuki usia menopause.


Post a Comment

0 Comments